Tekno

10 Masalah Yang Sering Terjadi di Komputer dan Solusinya

June 30, 2016

Pada umumnya tuk mengatasi komputer yang merasa terus melambat itu adalah dengan menjalankan perawatan dengan cara berkala dan mengerjakan beberapa langkah tune-up simple. Bila memang dibutuhkan langkah instal ulang windows maupun upgrade komponen hardware bisa jadi solusi ideal agar kinerja komputer selalu optimal.

Sebab kekurangan Memori

Masalah komputer lambat sebab minimnya RAM yang terinstal merupakan hal yang biasanya sudah dikenal oleh semua pemakai komputer. Untuk itu coba cek kapasitas memori yang terpasang, tuk komputer selevel Intel Pentium 4 dan OS Windows XP juga aplikasi standar disarankan upgrade memori jadi paling sedikit 2 GB. Bagi yang mau membeli komputer ataupun laptop baru admin sarankan tuk menggunakan Processor selevel Intel Core i5, dengan RAM min 4 GB pada sistem prosedur Windows 7 64 bit.

Sebab banyaknya program terinstall

Secara pribadi admin banyak menemukan komputer khususnya milik pribadi yang terinstal segala jenis program didalamnya, padahal aplikasi itu jarang atau bahkan tak pernah digunakan sekalipun. Periksalah program apa saja yang terinstal dikomputer dengan langkah klik Add/Remove Program pada Control Panel dan un-instal semua program-program yang sekedar jadi “aksesoris” itu.

Komputer lambat sebab banyak startup dan service yang berjalan

Hal ini berhubungan dengan poin ke 2, makin banyak program terinstall, makin banyak juga program dan servis yang akan dijalankan jika windows startup. Tuk menonaktifkan startup program dan servis yang berlangsung otomatis itu, masuk ke System Configuration Utility secara ketik: msconfig di menu run, lalu di tab servis dan startup kerjakan uncheck kepada aplikasi-aplikasi yang tak diperlukan.

Tuk melihat aplikasi apa saja yang lagi berjalan, kalian bisa memakai tool Process Explorer. Dengan tool ini kalian bisa melihat dan mematikan (kill) aplikasi apa pun yang tak diperlukan alias dicurigai sebagai virus.

Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab komputer lambat selanjutnya ialah sudah membengkaknya file-file temporary. Lokasi file temporary ini ada di:

Windows 7 : C:\Users\\AppData\Local\Temp

Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp

Tuk membersihkannya, Hapus folder atau file yang ada di kedua lokasi itu atau kerjakan program Disk CleanUp dengan langkah klik start-run, ketik: “cleanmgr” kemudian pilih drive yang ingin di-cleanup. Disamping itu Kalian juga bisa menjajal¬†software JetClean tuk mempercepat komputer membersihkan file-file dan registry yang tak dibutuhkan.

Komputer lambat sebab kelewat banyak program-program yang berfungsi sebagai Security Program

Security program semacam program antivirus dan firewall adalah aplikasi extra yang harus tersedia di komputer, tetapi janganlah begitu berlebihan seperti dengan instal 1 atau 2 program antivirus sekaligus. Tuk masalah security windows, yang penting adalah perbuat update, aktifkan windows firewall dan pakai antivirus yang tak membebani komputer semacam Avast Antivirus dan berhati-hatilah saat memakai USB Flashdisk.

Komputer lambat sebab masalah pada hardisk

Hardisk adalah komponen ke-2 setelah RAM yang dapat menyebabkan komputer jadi lambat. Problem Komputer lambat yang dikarenakan oleh hardisk ini antara lain karena:

– hardisk terfragmentasi

– hardisk low space

– hardisk lama, rpm-nya turun

– hardisk error

Cara mengatasinya sebab masalah hardisk tadi adalah:

– upgrade space hardisk dengan menambahkan atau ganti hardisk

– kerjakan defragmenter kepada hardisk secara berkala

– hindari hardisk dari debu, benturan dan panas berlebih.

– repair kerusakan pada hardisk memakai tool checkdisk.

Bila Kalian punya budget lebih, admin sarankan tuk mengganti hardisk yang terinstal dengan Solid State Drive atau SSD.

Komputer lambat sebab terdapatnya virus di komputer

Bila komputer kalian sudah lebih dulu terserang virus, maka disarankan jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas sistem restore dan pakai program Virus Cleaner misalnya Norman Malware Cleaner tuk membersihkan virus itu dan lakukan juga update didalam sistem operasi.

Komputer lambat sebab Sistem Files ada yang corrupt atau bahkan hilang

Normalnya terjadi sehabis komputer terinfeksi virus dan file yang terinfeksi itu terlanjur error atau terdelete dengan antivirus. Solusi yang cukup praktis ialah dengan epair sistem operasi yang dipakai.

Komputer lambat sebab hardware overheat

Hardware overheat entah itu terjadi kepada hardisk, VGA card, processor maupun cpu secara umum dapat menyebabkan turunnya kinerja komputer yang kemudian komputer jadi hang, lambat maupun suka restart. Untuk itu perkirakan sirkulasi udara di bagian dalam CPU berjalan dengan benar begitu juga kepada fan harus bersih dari debu dan bisa berputar dengan bagus.

Masalah konektivitas pada jaringan

Hal ini dapat terjadi lantaran trafic jaringan yang besar, hub maupun switch yang hang dan adanya virus yang menjajal masuk ke sistem komputer kalian. Tuk mengatasinya, coba lepas dan pasang lagi konektor RJ45 kepada LAN Card maupun Roset LAN, restart hub dan pakai program Port scanner tuk melihat paket data apa saja yang keluar dan masuk ke komputer kalian.

No Comments

Leave a Reply