Pariwisata

Berada di Bandung? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Khas Bandung

June 30, 2016

Beberapa diantara Kamu mungkin banyak yang melewatkan seputar beberapa oleh-oleh khas Bandung yang layak dibawa pulang saat berlibur di Kota Kembang itu.

Kota Bandung sungguh selalu istimewa tuk diulas. Tak hanya terkait dengan historinya, tetapi kota ini menjadi wadah beberapa potensi wisata dari kondisi alam alamnya yang menawan, belanja, sampai wisata kuliner.

Oleh-oleh khas Bandung merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengalaman sepanjang berlibur di sana. Pendek cerita, ada yang kurang sepulang dari Bandung tidak mengangkut oleh-oleh. Tidak hanya karena unik dan berbeda, Bandung mempunyai banyak sekali pilihan oleh-oleh, baik kuliner, atau souvenir.

Berikut adalah oleh-oleh khas Bandung yang pastinya tak begitu mahal, tapi bisa meninggalkan kesan yang unik.

Gepuk Nyonya Ong

Gepuk ialah jajanan sekaligus oleh-oleh khas Bandung yang terkenal di kalangan pecinta travel. Gepuk Nyonya Ong, yang berlokasi di Jl. Dr. Djunjunan ini tak pernah sepi dari konsumen setiap harinya. Rasa gepuknya amat enak sebab dibuat dari resep tradisional diwariskan turun-temurun.

Gepuk merupakan makanan olahan dari daging sapi, barangkali di lain daerah dinamakan empal. Rupanya sedikit aneh, yakni potongan daging yang digeprek dan ditipiskan kemudian dirangkai memakai lidi. Maksudnya supaya daging tak hancur saat dimasak.

Tidak hanya empal alias Gepuk daging sapi, Gepuk Nyonya Ong pun menyuguhkan oleh-oleh dari bahan ayam. Gepuk itupun punya beberapa macam rasa semacam Beef Lesss Sugar, dan Beef Original. Ada juga Chicken Spicy. Gepuk Nyonya Ong makin lezat dinikmati bersama satu piring nasi hangat yang asapnya mengepul.

Surabi

Rasa mantab Surabi pastinya akan terus mengingatkan kamu pada Kota Bandung. Cemilan khas Bandung ini awalnya sering dicap menjadi ‘makanan kampung’. Tetapi justru di zaman modern sekarang Surabi yang dijadikan sebagai kue tradisional dari Bandung makin banyak diminati para wisatawan. Kadang Surabi sendiri seolah olah sudah sebagai ikon Kota Bandung sebagai cemilan wajib bagi pengunjungnya.

Surabi mempunyai sejumlah varian rasa. Terdapat Surabi rasa Oncom, Durian keju, Kismis, dan sebagainya. Surabi adalah cemilan tradisional, tetapi sanggup mengikuti pertumbuhan zaman. Tampilan dan rasanya masih original walau dikemas kian modern. Ada sejumlah lokasi di Bandung yang menjual Surabi tuk oleh-oleh, tapi yang lebih terkenal ialah Surabi Enhai. Di Surabi Enhai, disediakan aneka Surabi dengan sensasi sangat lengkap dan harganya tak mahal.

Pisang Bolen

Tidak lengkap bila membeli buah tangan Bandung apabila tak menyertakan Pisang Bolen didalamnya. Oleh-oleh khas Bandung ini rasanya amat lezat dan acapkali memungkinkan orang ketagihan.

Kartika Sari merupakan pusat oleh-oleh di Bandung yang menjual Pisang Bolen masih rasa asli. Pisang Bolen di lokasi ini telah ngetop semenjak 1970 dan sampai sekarang originalitas rasanya tetap terjaga. Bisa disebut, Pisang Bolen Kartika Sari merupakan pelopor produk Pisang Bolen di Jabar dan lokasi ini wajib Kamu kunjungi kala berlibur di Kota Kembang.

Pisang Bolen Kartika Sari menjual beberapa varian rasa, semacam rasa keju, coklat keju, serta durian. Ingin mendapatkan cemilan kuliner lainnya? Jangan bingung, pusat oleh-oleh Kartika Sari pun menjual segala jenis pastry isi buah dan kue lezat brownies.

Picnic Roll Prima Rasa

Warga Bandung tentu tak pernah kehabisan inovasi didalam menciptakan kuliner lezat. Picnic Roll merupakan satu diantaranya. Tidak butuh waktu lama, kuliner ini telah banyak di sukai di hati banyak sekali orang sebab rasanya yang unik dan enak. Picnic Roll dibikin dari daging adonan yang dicincang dan sudah dibumbui sebelum-sebelumnya. Daging cincang ini kemudian dimasukkan kedalam kulit pastry lalu dihiasi irisan telur rebus, maka dipanggang hingga warnanya kecoklatan.

Picnic Roll pertama kali dibuat dari toko bahan kue Prima Rasa. Disediakan 2 varian Picnic Roll, yakni daging ayam dan daging sapi. Tidak cuma membuat Picnic Roll, di Prima Rasa pun ada Mousse Cake, dan Brownies.

Picnic Roll Prima Rasa tak membuat cabang, berarti cuma ada di Bandung.

Peuyeum

Semestinya dari seluruh oleh-oleh khas Bandung tadi, Peuyeum menduduki posisi satu. Umumnya, oleh-oleh ini telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari Kota Bandung. Peuyeum sungguh identik pada Bandung. Tape ala Bandung ini gampang sekali dijumpai di sejumlah sudut Kota Bandung. Peuyeum biasanya dijual dengan digantung di muka stand hingga gampang dikenali oleh wisatawan.

Peuyeum alias tape adalah olahan dari singkong. Proses produksi lumayan mudah. Peuyeum digemari lantaran mampu memberikan efek hangat kepada tubuh hingga cocok dinikmati ketika udara dingin. Kamu pun dapat menjumpai tidak sedikit penjual Peuyeum di Jl. Cihampelas, Bandung.

Cinderamata Khas Bandung

Beraneka macam kuliner khas Bandung tentu cocok buat oleh-oleh, tetapi ada juga sebagian cinderamata asli Bandung yang tidak kalah menarik menjadi buah tangan tuk keluarga di rumah. Beberapa diantara souvenir yang paling oke sebagai oleh-oleh khas Bandung ialah:

Tas dan Sepatu Cibaduyut

Berkualitas bukanlah harus produk import. Bagi Kalian yang suka mengoleksi tas dan sepatu dari bahan kulit, Kamu sudah semestinya berkunjung ke kawasan Cibaduyut. Di kawasan ini, Kamu akan menjumpai sederetan toko dengan display tas dan sepatu yang bervariasi.

Secara general, produk yang disajikan di Cibaduyut sedikit didominasi dengan barang tas dan sepatu dibuat dari kulit. Walau produk asli negeri, kualitasnya belum kalah dari produk impor. Disamping itu, design produknya pun unik dan berinovasi hingga terlihat modis saat dikenakan. Selain sepatu dan tas, juga tersedia sandal, dompet, ikat pinggang, dan aksesoris yang dibuat dari bahan kulit.

Pakaian di Factory Outlet

Oleh-oleh khas Bandung terdiri dari pakaian sampai saat ini masih setia sebagai primadona. Apalagi, baju original khas Bandung yang banyak sekali beredar di beberapa outlet. Kamu tinggal pilih tuk meluncur ke Jl. Riau, Cihampelas, maupun Jl. Dago. Di ketiga kawasan ini, ada sejumlah outlet tuk memenuhi hasrat shoping Kamu.

Berbelanja di factory outlet Bandung tidak jarang memungkinkan sebagian pengunjungnya lupa waktu. Pasalnya, disediakan berbagai varian baju model terkini juga hasil karya para desainer baju lokal yang kreatif.

No Comments

Leave a Reply