Pariwisata

Berkunjung Ke Obyek Wisata Makassar Ini Akan Menyenangkan Hati

June 30, 2016

Tidak hanya kulinernya yang nikmat, beberapa obyek wisata di Makassar mempunyai pesonanya yang memikat hati, mulai dari keeksotisan alam bahari, kekayaan adat istiadat dan histori, wahana bermain, sampai panorama alam yang menyegarkan mata. Pantai Losari merupakan ikon pariwisata di Makassar, tapi Kamu harus berkunjung ke Pulau Samalona maupun Pulau Kodingareng Keke tuk mengetahui betapa menyenangkannya snorkeling di laut jernih dan main di hamparan pasir putih.

Makassar, dulu bernama Ujung Pandang, merupakan kota paling besar di Indonesia sebelah Timur. Kota ini juga yang jadi pintu menuju ke petualangan  seru di dataran tinggi Tanah Toraja, Sulawesi Selatan dengan kebudayaan masyarakatnya yang mengesankan. Semenjak zaman lalu, Makassar sudah dikenal dunia sebagai satu-satunya pelabuhan laut tersibuk di Nusantara. Semenjak abad 14, tidak sedikit kapal dagang dari China, dan Kamboja melaksanakan transaksi komoditas. Bangsa Eropa mulai diliput ke kawasan Makassar ini di abad ke-16.

Dihimpun dari beraneka sumber, berikut adalah beberapa obyek wisata di Makassar yang layak Kamu kunjungi, beberapa di antaranya merupakan obyek wisata di Sulawesi Selatan yang terkenal di kalangan pecinta travel.

Trans Studio Makassar

Berdiri di atas tanah dengan luas 2.7 ha dengan tersedianya 21 wahana seru dan istimewa, obyek wisata di Makassar satu ini adalah pilihan paling favorit yang disukai banyak pecinta travel, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

Sebelum Trans Studio Bandung didirikan, ini theme park indoor paling besar di Indonesia dan pula dunia. Ini juga salah satu obyek wisata keluarga sangat menarik di Sulawesi. Taman hiburan ini dibagi melawan 4 kawasan dengan konsep yang tidak sama, yaitu Studio Central (Hollywood), Lost City (petualangan), Cartoon City, dan Magic Corner (magis).

Beragam wahana bermain dan rekreasi, suasana senang dengan udara sejuk, serta tersedianya aneka cafe di sana menjadikan banyak orang suka menjalani liburannya bersama-sama keluarga dan semua sahabat di Trans Studio Makassar. Kawasan trans studio ini sebenarnya bukan hanya sekedar tempat wahana permainan saja.

Trans Studio Mall ini berlokasi di Tanjung Bunga Makassar, memiliki jarak dekat dari Pantai Losari yang sudah melegenda menjadi ikon kota Makassar. Tuk bisa masuk, Kalian harus bayar karcis masuk Trans Studio Makassar seharga Rp 100.000 tuk weekdays dan Rp 150.000 tuk weekend dan holiday.

Pantai Losari

Inilah ikon terbesar dari Kota Makassar. Pantai Losari merupakan sebuah obyek wisata di Makassar dengan panorama matahari tenggelam yang menawan. Dihiasi dengan semilir angin pantai juga suara ombak laut, keadaan bersantai di Pantai Losari jadi sangat mengagumkan. Dengan lokasinya yang berada di pusat kota Makassar, pantai Losari ini sudah menjadi pilihan favorit bagi siapa saja yang baru pertama kali menginjakan kaki Makassar.

Sajian kuliner pisang epe merupakan salah satu yang digemari banyak wisatawan di lokasi ini, disamping ada banyak makanan khas Makassar lain seperti pallu butung, sop konro, pisang ijo, coto makassar, dan yang lainnya. Jika Kamu suka, disediakan juga hidangan seafood yang masih segar yang bisa Kamu pesan. Jika mau memiliki kesan unik, Kamu bahkan bisa mencoba menikmati sajian seafood di Pantai Losari ini dengan masuk kedalam sebuah restoran apung yang mempergunakan kapal tradisional suku Bugis, yaitu Phinisi.

Jika mau main di sekeliling pantai Losari, Kalian bisa mencoba sejumlah permainan semacam banana boat dan sepeda air tuk berkeliling pantai.

Fort Rotterdam

Obyek wisata Makassar yang satu ini ada di tepi pantai jalan Barat kota Makassar, pastinya berlokasi di Jl. Ujung Pandang. Fort Rotterdam ialah benteng peninggalan dari Kerajaan Gowa, didirikan tahun 1545 oleh Raja Gowa X, dan sekarang ini sering juga dijuluki sebagai Benteng Ujung Pandang yang dijadikan sebagai nama benteng awal mulanya.

Di masa lalu saat Belanda ingin menaklukkan Kerajaan Gowa supaya pasukan dagang VOC bisa masuk dan merapat dengan gampang di Sulawesi, benteng ini digempur sepanjang satu tahun. Akhirnya Belanda sukses masuk juga menghancurkan rumah Raja dan seisinya. Pihak Belanda mendesak Sultan Hasanuddin tuk menanda tangani Perjanjian Bongaya di tahun 1667, yang mana salah satu pasalnya mengharuskan Kerajaan Gowa menjual benteng untuk Belanda. Pasca diserahkan, benteng dibangun dan ditata lagi sesuai dengan gaya arsitek Belanda yang akhirnya sebutannya diubah jadi Ford Rotterdam. Di masa itu, Fort Rotterdam dimanfaatkan sebagai pusat pemerintah dan penampungan rempah-rempah di wilayah Timur.

Pesona benteng ini ada didalam keberadaan Museum La Galigo yang mengandung 5.001 koleksi. Terhadap koleksi Etnografi, museum ini mempunyai berbagai tipe hasil teknologi, seni, alat-alat hidup, dan benda lainnya yang dibikin dan dipergunakan oleh suku Bugis, dan Toraja. Sampai sekarang, obyek wisata di Makassar ini sudah menjadi pusat budaya Sulawesi Selatan.

Pulau Samalona

Mempunyai luas area kira-kira 2,40 ha, obyek wisata di Makassar satu ini merupakan obyek wisata bahari yang digemari para pecinta travel, baik dalam negeri maupun luar negeri. Pulau Samalona mempunyai pesona yang sangat memukau terhadap ikan tropis dan biota laut, oleh karena itu jadi sebuah pilihan snorkeling di Makassar yang istimewa tuk dikunjungi. Laut yang jernih juga hamparan pasir putih merupakan pesonanya yang menawan.

Memiliki jarak 7 km dari Makassar, Kamu bisa menuju ke Pulau Samalona ini dengan naik speed boat sepanjang waktu hampir 1 jam lamanya. Kamu bisa pergi dari dermaga di dekat Losari ataupun mengawali perjalanan dari dermaga yang tidak jauh dari Fort Rotterdam.

Tidak cuma pengalaman snorkeling yang seru di lokasi ini, menikmati pemandangan sunset di tepi pantai Pulau Samalona merupakan hal lainnya yang layak Kamu rasakan. Bermain di tepi pantai merupakan cara yang banyak di sukai dilakukan para pecinta travel di obyek wisata Makassar satu ini.

Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke memiliki jarak sekitar 13 km dari kota Makassar, merupakan satu pulau yang tidak berpenduduk. Daya tarik utama obyek wisata Makassar ini ada pada air lautnya yang bersih dan bergradasi mulai dari yang berwarna biru muda, sampai biru tua. Pun,  alam bawah laut yang menarik dengan berbagai biota laut. Demikianlah salah satu lokasi snorkeling di Makassar yang diminati tidak sedikit pecinta snorkeling.

Di Pulau Kodingareng Keke tak disediakan fasilitas publik sebagaimana halnya yang terdapat di Pulau Samalona. Kamu harus menyiapkan perbekalan apabila ingin mendapatkan pesona indah Pulau Kodingareng Keke. Lazimnya, para pengunjung datang lebih dulu ke pulau ini menjelang menjejakkan kaki di Pulau Samalona. Karena, biasanya speed boat yang Kamu sewa akan memberikan kunjungan kepada kedua tempat itu.

No Comments

Leave a Reply