Tekno

Cara Simpel Merawat Laptop

June 30, 2016

Artikel ini admin buat tuk menjawab pertanyaan sahabat admin yang bertanya tentang seperti apa cara  merawat laptop supaya tidak cepat rusak. Berikut adalah tips dan trik tentang seperti apa cara merawat laptop dengan baik. Ingat! Ditekankan dalam artikel ini untuk laptop bukan desktop atau PC.

Barangkali prinsip pertama yang wajib diperhatikan, laptop didesign khusus untuk dipakai dengan cara portable, dapat dibawa kemana saja, hingga logikanya laptop didesign untuk tidak dipakai secara terus-terusan. Seiring dengan menipisnya stok baterai, laptop seharusnya kalian istirahatkan. Tuk kebutuhan sehari-hari disarankan pakai komputer biasa saja dan pakai laptop ketika hendak trip aja. Seharusnya gunakan cooling pad tuk pemakain laptop yang agak lama.

Pakailah LCD dan Keyboard Protector

Cara berikutnya untuk merawat laptop adalah dengan memakai LCD dan Keyboard Protector. Tuk keyboard protector, disamping merawat keyboard tetap bersih dari debu, juga untuk jaga-jaga bila tanpa sengaja kalian “menyiram” laptop dengan air minum yang ditaruh didekat lapop.

Bersihkan Laptop secara teratur

Pakai cairan pembersih LCD tuk membersihkan LCD, dilap dengan satu arah dan tak menekannya begitu keras. Bersihkan pula keyboard serta saluran ventilasi dengan vacuum cleaner ukuran kecil.

Tempatkan laptop di posisi yang mempunyai permukaan rata, contohnya meja. Jangan memakai laptop di kasur, sofa, atau posisi lain yang bisa menghambat sirkulasi udara melalui laptop, sebab hal ini bisa menyebabkan laptop cepat memanas.

Hindari laptop dari benturan, suhu panas, medan magnet baik saat sedang membawa ataupun menyimpannya.

Instal program standar yang dibutuhkan saja dan hindari memaksakan laptop dengan menginstal beraneka program yang kemudian bisa memberatkan kinerja laptop. Instal antivirus dan aktifkan firewall khususnya saat mengakses networking public semacam hotspot.

Install tools tuk menjalankan perawatan sistem komputer seperti tool Advance System Care dan jalankan aplikasinya dengan teratur.

Matikan Laptop dengan benar

Sekian dari kerusakan laptop yang kerap terjadi ialah karena laptop yang tak dimatikan dengan betul, yakni mematikan laptop dengan paksa atau lantaran listrik yang mati tiba-tiba. Bila laptop tak menggunakan baterai disarankan sumber listrik difasilitasi dengan Uninteruptable Power Supply biasa disebut UPS.

Rawatlah baterai laptop

Bila menggunakan sumber listrik, ada baiknya lepas baterai laptop. Saat laptop mempergunakan baterai usahakan jangan sembari dicharge terus-terusan, pakailah sumber listrik dari baterainya, baru baterai dicharge saat akan habis. Bila baterai mau disimpan kedalam jangka waktu panjang sebaiknya diisi dulu hingga setengahnya, jangan dibiarkan kosong melompong.

Mungkin itulah beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara merawat laptop agar tetap awet dan dapat bekerja dengan optimal. Semoga ada manfaatnya dan CMIIW.

No Comments

Leave a Reply