Pariwisata

Kota Malang – Cocok Nih Untuk Para Pecinta Kuliner

June 30, 2016

Kota Malang, tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, kota kebudayaan, dan wisata, pun populer dengan kuliner khas. Beberapa kuliner khas Malang mempunyai keunikan istimewa, entah itu dari perpaduan bahan yang dipergunakan, cara pengolahan, dan cita rasa yang khas.

Jika Kamu sedang berwisata ke Malang, tak perlu khawatir akan kata kelaparan sebab terdapat aneka makanan khas Malang yang sangat menggugah selera makan dan dipastikan membuat Kamu ketagihan.

Sambil menikmati obyek wisata pantai Malang yang memikat, atau meriahnya main di Jatim Park I, dan lain lainnya, Kamu bisa mencoba lezatnya kuliner khas kota apel ini.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut adalah beberapa kuliner khas Malang yang recommended bila Kamu berwisata ke Malang.

Sego Goreng Mawut

Mendengar sebutannya aja mungkin orang bakal tersenyum geli. Memang nama yang aneh. Tapi jangan salah sangka dari namanya, sekali mencoba Kamu pasti ketagihan. Kata Mawut, didalam bahasa Jawa berarti berantakan. Jadi, Sego Goreng Mawut mempunyai arti nasi goreng berantakan.

Sego Goreng Mawut sebetulnya ialah nasi goreng biasa, bisa kali ini dikombinasikan dengan bahan lain, yakni mie goreng. Tekstur nasi goreng lembut beserta mie goreng kenyal menciptakan citarasa makanan yang amat lezat. Warna coklat cerah dari perpaduan kecap dan saos di sempurnakan dengan topping acar juga daun selada. Makanan khas Malang ini sangat sayang apabila tak dinikmati saat berwisata ke Malang.

Sego Goreng Mawut amat mudah ditemukan di sejumlah sudut kota Malang. Ingin merasakan Sego Goreng Mawut yang enak? Datang aja ke warung makan Pak Iwan di Jl. Aris Munandar, Alun-Alun Malang.

Orem-Orem

Orem-Orem, lagi-lagi nama yang aneh. Tapi, Kamu harus mencicipi makanan khas Malang ini. Orem-Orem merupakan kuliner Malang dari komposisi irisan ketupat dan lauk daging ayam yang dimasak secara kuah santan kental. Kuahnya mirip kuah opor, tapi lebih kental.

Orem-Orem tak jauh dari rasa pedas. Tuk menjaga mutu rasa alaminya, Orem-Orem dimasak diatas bara api, tidak di api kompor. Orem-Orem umumnya disajikan bersama dengan tempe goreng dan Mendol. Mendol merupakan gorengan yang dibuat dari tempe halus, kemudian dicampur dengan bumbu dan digoreng. Supaya Orem-Orem terasa makin lezat, perlu ditambahkan dengan kecap dan saos sepantas selera Kamu. Kuliner Orem-Orem ini cukup jarang ditemui di luar kota Malang.

Bakso Malang President

Setiap orang di Indonesia tahu bahwa Malang memang amat populer dengan bakso. Tetapi, yang sangat populer ialah Bakso Malang President. Bakso khas Malang ini menyediakan bakso yang dibuat dari daging sapi asli. Sebagai perpaduan, bakso disuguhkan dengan kuah, mie kuning, pangsit, somay, dan tahu. Bakso Malang President telah ngetop semenjak 1977 dan sekarang memiliki puluhan cabang yang beredar di Kota Malang.

Rekomendasi bakso khas Malang memang bervariasi. Tapi yang membedakan Bakso Malang President dari bakso Malang yang lainnya ialah pada pilihan menunya. Bakso Malang President mempunyai beberapa variasi pilihan, diantaranya bakso besar, kecil, goreng, goreng panjang, tulang muda, goreng udang, somay basah, goreng, paru, dan yang lainnya.

Kamu harus mencoba kuliner Bakso Malang President ini, berkunjung saja ke salah satu cabangnya di Kota Malang, seperti di Jl. Baranghari No. 5.

Bakso Bakar

Dibanding dengan kuliner lainnya, kuliner khas Malang yang satu ini sebetulnya jenis kuliner yang tengah baru. Bakso Bakar pertama-tama dipromosikan oleh Pak Man alias Suparman di tahun 1997 lalu.

Seperti cara membikin bakso biasanya, Bakso Bakar dibikin dari daging sapi, digiling, dimasak denga rebus lalu dibakar. Pastinya sebelum dibakar, dilumuri dulu dengan kecap, saos, dan bumbu-bumbu termasyhur. Bakso Bakar khas Malang ini setelah dibakar aromanya pasti cukup harum, mempunyai citarasa pedas. Penasaran dan mau mencicipi nikmatnya Bakso Bakar? Kamu bisa pergi ke Warung Bakso Bakar Pak Man di Jl. Diponegoro No. 19.

Cwie Mie

Sekilas tampak, Cwie Mie kian mirip dengan mie ayam pada umumnya. Perbedaannya, kuliner asli Malang ini memakai daging ayam yang dicacah seperti abon sapi. Rasa Cwie Mies tergolong unik. Jika mie biasanya memiliki rasa dominan manis, lain halnya dari Cwie Mie yang justru dominan asin.

Cwie Mie Malang ini seringnya disantap dengan kuah, daun selada, juga taburan bawang goreng. Uniknya lagi, kuliner khas Malang ini disuguhkan dengan mangkok yang dibuat dari pangsit.

Bagi Kamu yang penasaran dengan sensasi unik Cwie Mie, datang aja ke Restoran Hot Cwie Mie Malang di Jl. Raya Mojorejo No. 99. Kamu mungkin bisa sekalian pula berkunjung ke taman rekreasi Jatim Park I, Kolam Renang Sengkaling.

Angsle

Sehabis puas dengan menu makan bercita rasa gurih, Kamu dapat merasakan menu makan khas Malang lainnya yang manis, satu diantaranya ialah Angsle. Angsle adalah semacam minuman yang identik dengan sekoteng. Angsle umumnya disajikan hangat hingga lebih enak dirasakan ketika malam hari maupun saat cuaca dingin. Ini amat cocok dengan hawa Kota Malang yang tergolong dingin saat malam hari.

Komposisi Angsle pun mirip dengan sekoteng, semacam irisan roti, kacang sangrai, dan kacang hijau. Perbedaannya, isian Angsle tengah ditambah menggunakan putu mayang, tape, mutiara, dan ketan putih kukus. Apabila sekoteng tak menggunakan kuah santan, kebalikannya Angsle menggunakan kuah santan sebagai airnya yang bisa diminum saat hangat.

Sesuai resep aslinya, Angsle sebetulnya tak menggunakan bahan jahe. Tetapi karena sering memakai kata Wedang Angsle, akhirnya banyak sekali yang menjadikan Angle ditambah jahe. Cukup gampang mendapatkan jenis kuliner Malang ini sebab setiap sore sampai malam, tentu banyak penjual keliling yang menjajakan Angsle.

Es Durian Dempo

Masih dengan yang segar dan manis, sekarang Kamu bisa mencicipi sajian khas Malang yang lain, yakni Es Durian Dempo. Kuliner satu ini dibikin dari sejumlah durian dipadu dengan serutan es batu, kemudian diguyur susu kental manis dan dihiasi lagi dengan sirup. Mengingat menggunakan bahan es, maka minuman khas Malang ini lebih segar apabila dinikmati ketika siang hari maupun saat cuaca terik.

Penjual Es Durian di Malang umumnya selalu buka walau sedang tak musim durian. Lokasi Es Durian Dempo berada di belakang SMAK St. Albertus Malang. SMA ini pun populer dijuluki dengan SMA Dempo. Inilah yang akhirnya mengilhami penamaan Es Durian Dempo yang tersohor sampai sekarang. Tak hanya menu Es Durian Dempo, namun disediakan Es Teler Dempo dan Es Durian Mocca.

No Comments

Leave a Reply