Pariwisata

Kunjungi Obyek Wisata Ini Bila Sedang Ada di Banyuwangi

June 30, 2016

Obyek wisata di Banyuwangi sudah dikenal luas keindahan wisata alamnya yang mantab. Pegunungan dan pantai yang memiliki karakteristik tersendiri menjadikan Banyuwangi jadi salah satu obyek wisata populer di Jatim. Daya tarik wisata Banyuwangi memperoleh tempat di hati semua pengunjung, ini didukung juga oleh faktor geografis obyek wisata Banyuwangi itu yang ada diantara Bali hingga Jogjakarta.

Banyuwangi berada di ujung paling Timur Kepulauan Jawa, berbatasan langsung pada Kabupaten Situbondo, selat Bali, Samudra Hindia, juga Kabupaten Bondowoso dan kabupaten jember. Pelabuhan Ketapang merupakan pelabuhan yang terdapat di Banyuwangi yang menyatukan Jawa dengan Bali.

Beberapa obyek wisata di Banyuwangi sudah memiliki reputasi hingga ke dunia internasional, 3 wisata yang terkenal ialah Pantai Plengkung, wisata Kawah Ijen, dan Pantai Sukamade. Hal ini sudah didukung oleh Pemda dengan mengusung julukan Triangel Diamond alias Segitiga Berlian yang bisa disebut sebagai himpunan dari ketiga obyek wisata Banyuwangi tadi, sebab ketiganya mempunyai karakteristik wisata yang khas dan terbilang unik.

Harus diketahui juga, pesona wisata Banyuwangi tak hanya datang dari wisata alam saja. Kalian bisa mencicipi rujak soto Banyuwangi juga aneka kuliner yang lain. Dari sisi budaya, Kalian akan melihat betapa menariknya wisata kebudayaan yang ada di kawasan ini.

Berikut adalah beberapa obyek wisata di Banyuwangi yang sangat menawan dan layak Kalian kunjungi.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Warga Banyuwangi menjulukinya sebagai Pulau Merah, karena tanahnya memiliki warna merah. Rupanya mirip sebuah bukit kecil, letaknya ada didekat dari bibir pantai yang mempunyai pasir putih yang panjangnya 3 km. Kalian dapat menjejakkan kaki di Pulau Merah ini saat air lagi surut, jaraknya cuma 100 m dari bibir pantai. Cukup dengan jalan kaki saja. Pantai ini dulunya bernama Pantai Ringin Pitu, saat ini disebut menjadi Pantai Pulau Merah.

Ada Dua versi yang beredar mengenai penamaan Pulau Merah ini. Pantai ini saat ini tengah dipersiapkan sebagai bagian area surfing di Banyuwangi. Hal ini sudah dibuktikan dengan kompetisi International Surfing Competition di tahun 2013 lalu dengan 20 negara ikut serta sebagai surfer disini. Pantai Pulau Merah mempunyai ketinggian ombak hingga 5 m, suatu area berselancar di Banyuwangi yang istimewa bagi para amatir atau bahkan yang pro.

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung. Memiliki jarak sekitar 79 km dari tengah-tengah kota Banyuwangi. Harga karcis masuk ke Pantai Pulau Merah ialah Rp 3.000 per orang, ketika weekend jadi Rp 5.000. Untuk ke obyek wisata di Banyuwangi ini, Kalian bisa naik transportasi publik.

Dari kota Banyuwangi di Terminal Brawijaya menaiki Bus Minto arah ke Kecamatan Pesanggaran, kemudian turun di Pasar Pesanggaran, dan lanjut dengan naik ojek ke Pantai Pulau Merah. Apabila Kalian dari arah Jember, turunlah di terminal Jajag, lalu naik bus ke Pesanggaran, dan turun di Pasar Pesanggaran kemudian dilanjutkan dengan naik ojek ke Pulau Merah.

Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan kawah danau paling besar di pulau Jawa, dari sisi administratif tempatnya berada di 3 kabupaten, yakni Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Kawah ini ada di ketinggian 2.443 mdpl, dengan kedalamannya 200 m. Kawah Ijen ini dibungkus asap belerang, ini menjadikannya memiliki pesona fantastis, yakni tersedianya danau belerang yang memiliki warna tosca dan blue fire. Kalian bisa menyaksikan panorama memukau ini di saat malam hari sampai menjelang subuh.

Supaya bisa tiba di Kawah Ijen, Kalian bisa memilih 2 jalur, yakni dari selatan dan utara. Jalur utara bisa dilewati dari Situbondo ke Bondowoso dan selesai di Paltuding, waktu tempuh mencapai 2 jam. Jika dari selatan, bisa dilewati dari Banyuwangi ke Licin yang memiliki jarak 34 km.

Untuk tiba di kawah, Kalian harus mendaki gunung yang tingginya 3 km, ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Kemiringan pendakian ialah 25 derajat sampai 34 derajat. Rasa kelelahan mendaki bakal terbayar lunas saat menjumpai pesona indah blue fire di salah satu obyek wisata di Banyuwangi terkenal ini.

Teluk Hijau

Di Teluk Hijau ini, Kalian akan menikmati udara menyegarkan pantai yang dipadu dengan udara hutan hujan tropis, Taman Nasional Meru Betiri. Dari Banyuwangi, waktu tempuh kira-kira3.5 jam.

Perjalanan ke Teluk Hijau ini lumayan meletihkan, namun Kalian akan melihat panorama laut yang memukau. Tahukah Kalian, teluk ini adalah obyek wisata di Banyuwangi yang terbilang sangat terjaga kemurniannya, tidak banyak wisatawan yang berwisata ke tempat ini. Inilah pesona memukau yang dapat Kalian temukan.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan obyek wisata yang cocok bagi Kalian yang ingin melaksanakan scuba diving di Banyuwangi. Air laut di pulau ini amat jernih, dan sebenarnya layak jadi satu diantara obyek wisata di Banyuwangi.

Berada di desa Bangsring, jarak Pulau Tabuhan tidak lebih dari 20 km dari ibukota kota Banyuwangi. Pulau yang belum berpenghuni ini mempunyai luas area kira-kira 5 ha dengan karakteristik pasir pantai putih juga air lautnya yang sangat jernih.

Untuk bisa tiba di Pulau Tabuhan, Kalian harus menyeberangi laut melalui Pantai Kampe. Jalan menuju ke pantai Kampe ini bisa lewat jalan setapak yang terdapat di kebun Pasewaran, yaitu satu kebun yang diberdayakan oleh PT Perkebunan Nusantara XII. Terdapat banyak penangkap ikan di pantai Kampe, dan disediakan pula kapal motor yang ready menghantarkan Kalian ke Pulau Tabuhan itu dengan waktu perjalanan 30 menit lamanya.

Air Terjun Lider Banyuwangi

Air Terjun Lider mengandung terjunan air dengan tinggi 59 m dari ketinggian 1.300 mdpl. Pesona obyek wisata Banyuwangi ini merupakan di dinding tebing 2 jurang yang mengapit air terjun.

Tuk bisa sampai di Air Terjun Lider, Kalian harus menempuh hubungan perjalanan dengan jauh 46 km dari kota Banyuwangi. Begitu hampir berdekatan dengan air terjun, Kalian harus jalan kaki ke obyek wisata dengan melewati jalan setapak yang sudah tersusun dengan bagus.

Watu Dodol Banyuwangi

Watu dodol berada di Desa ketapang, tempatnya tidak jauh dari dermaga Ketapang dan berdekatan dengan akses utama ke Taman Nasional Baluran. Panorama di Watu Dodol amat indah, Kalian bisa menyaksikan panorama pantai yang menarik di sepanjang jalan secara bebukitan yang ada di seberangnya. Tahukah Kalian, di sini Kalian bahkan bisa melihat Pulau Bali? Wihhh Menakjubkan sekali.

Tak ayal, tidak sedikit wisatawan yang terparkir dan menjejakkan kaki di Watu Dodol tuk menikmati panorama indah di sana. Pun, terdapat motel dan restoran yang siap melayani Kalian di sekian dari obyek wisata Banyuwangi ini.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung merupakan pantai di Banyuwangi yang ngetop menjadi pantai paling baik tuk surfing. Obyek wisata Banyuwangi satu ini mempunyai reputasi pantai yang sangat baik sampai ke Eropa sebagai area surfing. Jika Kalian ingin surfing di pantai ini, bulan Mei sampai Otober adalah media terbaik tuk surfing.

Di wilayah pantai ini, disediakan banyak sekali cottage dan jungle camp. Pantai Plengkung juga salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang sudah dikenal luas di publik dunia. Lokasi ini merupakan salah satu obyek wisata pantai yang disarankan di Indonesia.

No Comments

Leave a Reply