Kesehatan

Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia

June 30, 2016

Nyamuk tak lain dan tak bukan ialah merupakan musuh utama manusia, sebab sering mengganggu aktivitas manusia melewati hisapan darahnya yang menyakitkan. Dan makin parahnya lagi tuk jenis nyamuk tertentu mampu menyebabkan penyakit parah semacam zyka maupun malaria. Kedua penyakit itu disebabkan oleh . Sebab itulah menjadikan nyamuk sebagai musuh manusia, terlebih lagi di musim hujan sekarang, nyamuk bakal lebih cepat berevolusi sebab banyak genangan air sarana nyamuk bertelur lantaran hujan tadi.

Berdasarkan situs wikipedia nyamuk merupakan jenis serangga yang terus dapat menjumpai sasarannya dengan pas karena mereka melihat dengan gerakan, suhu tubuh, dan aroma tubuh. Saat nyamuk mendarat di tubuh dia menempelkan mulutnya yang persis sedotan dibilang juga probosis. Kemudian ada pisau yang bisa merobek kulit korban maju mundur sehingga menemukan urat darah, sehabis itu darah akan dihisap.

Dalam prosesnya nyamuk pun mengeluarkan air liur yang menyimpan antikoagulan tuk mencegah darah yang dia hisap membeku. Proses ini berlangsung secara cepat dan seakan-akan proses yang berlangsung adalah nyamuk menusuk tubuh tapi kenyataannya tidak begitu, nyamuk membedah kita layaknya dokter bedah yang akurat dna cepat. Setelah nyamuk kenyang ia akan mencabut probiosis dan berangkat terbang lagi. Air liur nyamuk yang ketinggalan di kulit korban bakal merangsang tubuh seperti ada benda asing yang mengganggu, terjadilah tahap-tahap yang dikenal secara alergi, dan yang terwujud ialah gatal.

Tahukah kamu, rupanya cara yang kamu gunakan tuk mengusir nyamuk selama ini tidak sedikit yang salah dan mengganggu kesehatan kamu? Satu diantaranya dengan memakai lotion anti nyamuk yang mengandung bahan kimia semacam diethyl meta toluamide ternyata tak selalu efektif membunuh nyamuk dan justru bisa membahayakan tubuh kamu.

Menurut suatu studi yang dikutip situs Care2, bahan kimia bisa merusak sel-sel otak, mengakibatkan perubahan perilaku, dan bisa memiliki interaksi bahaya dengan sejumlah obat yang barangkali sedang dikonsumsi. Efek racun dari bahan kimia itu pun dapat mengakibatkan mutasi materi genetik, gangguan reproduksi, dan gangguan sistem saraf. Untuk itu, kamu sudah mencari data dari berbagai sumber tuk mengusir nyamuk itu dengan cara alami pastinya tidak membahayakan tubuh anda.

Minyak Sereh

Cara pertama mengusir nyamuk tanpa bahan kimia alias dengan cara alami adalah dengan mempergunakan minyak sereh. Pasti kamu sudah tahu kan minyak sereh ini, umumnya sering dioleskan kepada bayi setelah dimandikan. Dan rupanya cara ini tidak sedikit digunakan oleh para orang tua semenjak dulu sebab memang fungsinya amat ampuh tuk mengusir nyamuk dari anak kamu.

Daun Kemangi

Kemangi disamping dimanfaatkan tuk pengharum makanan nyatanya dapat juga dimanfaatkan tuk mengusir nyamuk. Barangkali karena aromanya yang khas dan mungkin kandungan yang ada didalamnya. Cara memakainya pun sangat gampang, ambil sejumlah tangkai daun kemangi lalu oleskan di sekeliling tubuh kamu sehingga menghasilkan aroma khasnya. Dipastikan nyamuk takkan berani mendekati kamu.

Bawang putih dan lada hitam

Cara mengusir nyamuk selanjutnya dengan tanpa bahan kimia alias alami bisa dengan memakai bahan-bahan yang kamu peroleh dari dapur semisal bawang putih dan lada hitam. Dari aroma yang dihasilkan bahan-bahan alami itu nyamuk takkan tahan, dan mungkin kamu juga takkan tahan, sebab bau dari bawang putih itu cukup tajam. Jadi cara ini adnib sarankan tuk kamu yang memang sudah terbiasa dengan aroma bawang putih.

Minyak Essensial

Cara mengusir nyamuk dengan memakai minyak essensial pun cukup efektif, sebab menurut riset di Iowa State University mendapatkan bahwa minyak esensial efektif 10 kali lipat daripada pemakaian DEET untuk menjadikan nyamuk tak berani mendekat.

Lotus

Berdasarkan riset Nelumbo nucifera baru diluncurkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine memperlihatkan bahwa lotus merupakan bahan pengusir nyamuk yang kuat dan juga bisa membantu membunuh larva nyamuk bila ditanam dibelakang rumah kamu.

Itulah sejumlah cara mengusir nyamuk dengan tanpa bahan kimia alias bahan-bahan alami, dan sebetulnya masih banyak bahan alami lainnya yang bisa mengusir nyamuk semacam bunga marigold, geranium, ageratum, dan rosemary. Cara memakainya pun hampir sama, manfaatkan sarinya. Nyamuk tentu takkan berani mendekati kamu. Untuk terhindar dari banyaknya nyamuk dirumah kamu, mungkin kamu juga harus membersihkan selokan disekeliling rumah, genangan air dan sebagainya yang bisa menjadi sarana bersarangnya nyamuk itu. Jangan lupa tuk menjaga kebersihan rumah kamu.

No Comments

Leave a Reply