Pariwisata

Pesona Wisata Danau Toba Samosir

June 30, 2016

Daya tarik paling utama dari wisata Danau Toba berada di keindahan alam yang memikat hati. Danau vulkanik paling besar di dunia itu ialah primadonanya wisata Sumatera Utara, sebagai salah satu dari sekian banyak obyek wisata Indonesia yang sangat ramai didatangi wisatawan luar negeri, adalah Jogjakarta, Bali, Jakarta, dan Surabaya.

Hal ini dikarenakan panjang danau yang hingga 100.1 km dengan lebar 30.1 km. Danau Toba mempunyai kedalamannya max 529 m dengan luas danau seluas 1.130 km2.

Dari sisi geografis, Danau Toba terletak di gunung Bukit Barisan Sumatera Utara secara topografi daerah yang didominasi oleh bebukitan dan pegunungan. Wilayah yang sebagai daerah buruan bahari di kawasan wisata Danau Toba terbentuk dari hutan alam, hutan tanaman, hutan rapat sampai perkebunan campuran. Permukaan air di danau ini ada di ketinggian 902 mdpl. Demikianlah sajian panorama alam yang menawan ketika Kamu tiba di lokasi Danau Toba dengan semilir angin yang sangat sejuk.

Pembentukan Dari Gunung Vulkanik Toba

Danau Toba merupakan danau efek aktivitas vulkanik satu gunung purba, yaitu danau yang terbentuk lantaran letusan super vulkanik Gunung Toba yang berlangsung kira-kira 76.000 tahun lalu. Letusan Gunung Toba itu ribuan kali kian besar dari meletusnya gunung berapi wajar dan berpengaruh terhadap iklim dunia secara menyeluruh.

Itulah letusan gunung api paling besar di Bumi yang sudah diketahui manusia. Hasil riset mendapatkan bahwa debu hasil erupsi dari gunung itu tersebar sampai ke Kutub Utara dengan didapatkannya bukti-bukti tipe molekul debu vulkanik yang mirip di 2.200 titik.

Tetapi, masyarakat lokal mempunyai kisah unik mengenai pembentukan danau paling besar di Indonesia dan se-Asia Tenggara itu.

Menurut mitos dan legenda sekitar, danau ini bermula dari kisah keluarga siluman ikan. Ada sesosok pemuda yang tengah mencari ikan dan telah mendapat seekor ikan. Tetapi ternyata ikan itu tak seperti ikan pada biasanya, tetapi bisa berbicara dan berubah wujud sebagai seorang wanita berperangai cantik dengan sebutan Toba. Singkat kisah, mereka pun melangsungkan pernikahan, tapi dengan satu syarat bahwa sang pemuda itu tak boleh sama sekali menyinggung mengenai asal-usul sang wanita.

Didalam perjalanan pernikahan mereka, Toba kemudian melahirkan anak dan dikasih sebutan Samosir. Anak ini suka sekali makan. Sampai di suatu saat, Samosir diminta oleh ibunya tuk menghantarkan makanan kepada bapaknya di ladang. Tapi di tengah jalan, Samosir makan sampai habis makanan itu. Bapak yang sudah merasa kelaparan berencana tuk pulang ke rumah.

Di perjalanan, sang bapak mencermati bekas-bekas makanan yang dihabiskan si anak. Kemudian sang bapak marah dan berbicara bahwa Samosir merupakan anak ikan. Saat itu juga, hujan turun dengan deras dan air keluar dari tanah sehingga menciptakan satu danau yang sekarang dianggap dengan nama Toba dan Pulau yang ada di tengahnya diberi nama Samosir.

MEnarik kan legendanya? Bila kamu sedang berwisata di Danau Toba ini tidak ada salahnya berkunjung ke beberapa obyek wisata terkenalnya. Penasaran? Boleh lihat dibawah ini:

Pulau samosir

Berada di tengah-tengah Danau Toba, Kamu bisa menjumpai rumah asli warga Batak Toba di pulau itu. Ada beraneka macam situs kebudayaan masa lalu warga Batak di Pulau Samosir, antara lain yaitu makam batu dan desa bebuyutan tidak hanya itu ada juga design arsitektur bangunannya yang khas.

Kamu bisa pergi tuk menyaksikan makam Raja Sidabutar yang sudah berumur 500 tahun juga melihat patung Sigale-Gale yang bisa menari. Sekian dari wisata kebudayaan yang unik di Kampung Tua Huta Bolon ialah atraksi tarian Batak tradisional yang diberi nama Tari Sigale-Gale.

Sewa kendaraan motor pun adalah sebuah opsi lain yang bagus di Pulau Samosir. Kamu hanya musti pergi ke Desa Tomok di pulau itu tuk mendapatkan motor, kemudian bisa berkeliling pulau tuk memandangi panorama asri yang terdapat di sana, dan jelas saja Kamu bisa melihat panorama Danau Toba dari puncak yang paling tinggi yang terdapat di Pulau Samosir.

Jika mau melihat tata cara pengadilan tradisional warga Batak, datanglah ke Ambarita tuk melihat Batu Parsidangan yang berumur ratusan tahun juga tempat eksekusi tahanan disana.

Kota Parapat

Parapat merupakan suatu kota yang berada di jazirah yang menghadap ke arah Danau Toba. Itulah salah satu pusat wisata Danau Toba yang menjadi favorit dengan total kedatangan wisatawan yang besar, pun sebagai pilihan utama tuk mengawali perjalanan ke Pulau Samosir naik kapal ferry atau speedboat.

Di Parapat, keeksotisan Danau Toba bisa dinikmati didalam berbagai aktivitas menarik, diantaranya yang menjadi pesona adalah olahraga air. Kamu bisa renang, bermain ski air, naik kano, mancing, dan lain lainnya. Bahkan bermain golf pun dapat Kamu lakukan di Parapat.

Di bukit Sungai Naborsahon, Kamu bisa melihat beraneka macam tanaman yang memiliki bunga sepanjang tahun, antara lain bogenvile, dan honey sucle. Iklim sejuk di kota Parapat membuat daerah ini menjadi salah satu obyek wisata Sumatera Utara yang banyak peminatnya.

Hotel di Kawasan Wisata Danau Toba

Di Pulau Samosir, Tuktuk merupakan suatu daerah yang sebagai pusat wisatawan yang mana ada berbagai penginapan, dari guesthouse sampai homestay. Sedangkan di kota Parapat, total hotel dan berbagai penginapan lain disediakan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Kamu bisa mengkontak pihak hotel disana ataupun mencari hotel di Parapat dengan online.

Transportasi ke Danau Toba

Cara cukup umum tuk bisa tiba di lokasi Danau Toba ialah dengan naik bus di Terminal Pinang Baris secara jalur Medan> Parapat dan perjalanan itu akan membutuhkan waktu sepanjang 6 jam lamanya. Kota Parapat berada dengan jauh 175 km dari Medan dan disediakan beberapa alat transportasi, semacam bis, taksi, dan sewa kendaraan pribadi.

Dengan naik bis, Kamu hanya harus mengerahkan biaya Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per orang. Sedangkan, mobil travel akan memberlakukan tarif seharga Rp 75.000 per orang. Apabila ingin sewa kendaraan pribadi, Kamu akan dikenai tarif seharga Rp 600.000 per hari.

No Comments

Leave a Reply