Pariwisata

Pulau Weh Sabang Sangat Cocok Bagi Hobi Diving

June 30, 2016

Tempat wisata Pulau Weh merupakan obyek wisata di Aceh yang tak terlalu diketahui banyak orang, terutama pecinta travel domestik. Tetapi, bagi mereka para penikmat wisata laut, Pulau Weh merupakan obyek wisata yang sudah dikenal lantaran dijadikan sebagai salah satu lokasi aktivitas diving dan surfing.

Pantai Iboih, yang ada di Pulau Weh, ialah pantai yang kerap dikunjungi oleh mereka yang mau melakukan diving. Kamu bisa menikmati panorama bawah laut di Pulau Weh, juga menjelajahi jejak-jejak alam yang memisahkan antara Sabang dari kepulauan Sumatera. Karena gelombang lautnya kuat, Pulau Weh juga jadi lokasi surfing yang menantang di Aceh.

Lokasi-lokasi diving di Pulau Weh seperti Taman Laut yang ada di Pulau Rubiah. Di sana Kamu akan melihat berbagai satwa laut yang spektakuler, adalah hiu, lumba-lumba, dan pari manta.

Dari beberapa informasi yang didapatkan, pengalaman diving di Pulau Weh merupakan salah satu yang berkelas di Indonesia. Panorama alam bawah laut Pulau Weh bisa disetarakan dengan wisata laut Raja Ampat yang ngetop itu. Itulah mengapa para pecinta diving mengunjungi obyek wisata laut ini.

Wisata Pulau Weh mempunyai terumbu karang yang menarik dan hidup. Satu diantara lokasi menarik di Aceh ini berada di bagian paling barat pada peta Indonesia. Pulau Weh berada di lintas pintu masuk ke Selat Malaka, dengan begitu tidak aneh Kamu akan menjumpai cukup banyak kapal pesiar maupun kapal yacht yang berlalu lalang di wilayah laut Pulau Weh itu. Jelas saja, ini merupakan suatu panorama yang cukup mengasyikan sambil menyusuri dan meresapi wisata di Pulau Weh Sabang.

Aktivitas Diving

Menikmati aktivitas wisata Pulau Weh bakal membawa Kamu terhadap kehidupan pantai yang mengasyikan. Kamu bisa memilih tempat menginap, dari yang minimalis hingga berbintang.

Disediakan pondok kayu yang bisa Kamu sewa dengan tarif sangat murah, juga terdapat bungalow yang tarifnya mahal apabila itu yang Kamu inginkan. Ada banyak guesthouse tuk para pecinta travel yang sampai di Pulau Weh.

Kamu bisa mendapatkan ayunan jaring tempat tidur yang diikat diantara nyiur sembari menikmati kondisi alam dan kehidupan sekelilingnya yang mengesankan. Jika Kamu mengambil tempat menginap yang pas ada di tepi pantai, Kamu mungkin akan tercengang melihat betapa jernihnya air laut yang ada di Pulau itu. RefleksiRefleksi sinar bulan ketika malam tiba akan semakin menambah eksotisme dari wisata di Pulau Weh itu. Suatu pengalaman wisata yang amat berkesan bagi kamu yang belum pernah kesana.

Penginapan di Pulau Weh

Tapi, entahlah apa yang mejadikan kenapa orang-orang masih enggan banyak datang ke Aceh tuk menikmati obyek wisata di Pulau Weh itu. Alasan yang cukup logis ialah minimnya pengetahuan yang mengekspose keeksotisan wisata laut dan berbagai aktivitas air yang menarik di Pulau Weh.

Dampaknya, publik Indonesia tetap banyak belum tahu salah satu obyek wisata di Aceh ini. Tetapi, tren wisata Pulau Weh makin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan renovasi infrastruktur dan cara-cara Pemda di sana. Ini suatu hal yang menyenangkan tentunya.

Tugu Kilometer Nol Indonesia

Berkunjung ke Sabang artinya Kamu sudah menginjakkan kaki di Kilometer Nol Indonesia. Di situ, didirikan tugu yang melambangkan hal ini. Tugu ini dijuluki sebagai Tugu Kilometer Nol Indonesia. Tuk menyusuri Sabang dan pantai yang ada di sana, sebetulnya cukup nikmat dengan jalan kaki, taksi pun disediakan apabila Kamu butuh. Minibus, motor dan mungkin becak roda tiga pun siap menghantar Kamu mengelilingi pulau Sabang ini.

Menyusuri Pulau Weh akan menghantarkan Kamu kepada obyek menarik di Sabang semacam air terjun, pegunungan, air hangat, bunker Jepang didalam Perang Dunia II, makam bersejarah, Durian suci, dan kota Sabang.

Wisata Belanja di Pulau Weh

Ciri khas daru oleh-oleh kawasan ini ialah produk kreatif yang dibuat dari kayu pohon kelapa. Barangkali Kamu mau membelikannya sebagai kenang-kenangan, maupun untuk Kamu berikan kepada sahabat, family, maupun kekasih. Kamu dapat berkunjung ke pasar tradisional tuk membayar buah-buahan segar dan berbagai camilan.  Ada, keripik, kue, dan roti khas Pulau Weh yang bisa Kamu beli.

Transportasi ke Pulau Weh

Jika Kamu dari Banda Aceh, maka Kamu bisa naik feri ketika pagi hari di pelabuhan Ulee Lheue dan bakal tiba di Pantai Gapang. Naik feri butuh waktu yang tak lama mungkin 2 jam perjalan, lain halnya apabila naik speedboat yang membutuhkan waktu kira-kira 50 menit. Jika Kamu dari Medan, tentu Kamu harus datang ke Banda Aceh lebih dulu, boleh naik bus maupun pesawat.

No Comments

Leave a Reply