Tekno

Terinfeksi Malware? Ini Tipsnya

June 30, 2016

Malware ataupun malicious software merupakan program code, active content, scripts, dan lainnya yang dibikin bagi menggangu kode program maupun operating system yang saya pakai. Sample dari malware antara lain dikenal dengan sebutan Virus, Keylogger, Worm, Browser Hijacker, Spyware, Trojan Horse, Adware, dan Backdoor.

Malware adalah problem yang berevolusi di internet bahkan dari web terpercaya pun malware mungkin muncul. Kode malware tak gampang terdeteksi, ia bisa saja menginfeksi komputer saat kalian sedang surfing di internet melalui browser yang kalian gunakan.

Melalui malware yang menginfeksi komputer kalian, seorang cracker mungkin mencuri data-data pribadi semacam password dan account bank yang kalian punya. Hasil riset awal dari Symantec yang diluncurkan pada tahun 2008 mengatakan bahwa “kelajuan peluncuran kode berbahaya dan software lainnya yang tak diinginkan, mungkin bakal melebihi aplikasi software yang sah”.

Lantaran bahaya yang ditimbulkan oleh Malware, maka kalian sebagai konsumen komputer serta Internet sudah sewajarnya mengetahui cara tuk mencegah supaya malware tak menginfeksi komputer. Berikut ada beberapa tips umum yang dapat kalian lakukan agar komputer terlepas dari gempuran malware:

Hindari menggunakan program bajakan,crack, nulled

Selalu memperbaharui Sistem Operasi, Software, dan Browser yang digunakan. Instal Antivirus seperti Avast, Norton, Kaspersky, dan lain-lain dan perkirakan juga senantiasa update, aktifkan Firewall Windows, kalau dirasa masih tak terlalu bisa mempergunakan ZoneAlarm Free Firewall. Jangan membuka web yang menawarkan software bajakan, crack, web 17+ dan lain-lain.

Jangan asal-asalan download file dari internet, perkirakan dari web yang terpercaya. Jangan membuka e-mail secara sembarang dari orang yang tak kalian kenal, apalagi didalam format .scr, .exe, .vbs. Dalam membangun password pun gunakan perpaduan huruf, angka dan character unik semacam #,@ dan lain-lain.

Instal Software anti malware, seperti IObit Malware Fighter, Ad-Aware juga McAfee Site Advisor. Bersihkan temporary internet file, chace, autocomplete form. Kalian bisa memakai tools CCLeaner.

No Comments

Leave a Reply