Pariwisata

Wisata Raja Ampat, Wisata Papua Paling Eksotis

June 30, 2016

Wisata Raja Ampat merupakan obyek wisata di Papua yang sudah mendunia kepopulerannya. Kepopuleran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan travel paling menarik sudah didokumentasikan didalam film yang berjudul “Edis Paradise 3″ dengan pemutaran film perdananya di Swiss. Film dokumenter yang dibangun oleh Avant Premiere ini mengangkat keelokan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yang dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan ini dipegang karena posisi Raja Ampat itu ada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yang tergolong kedalam teritorial Papua Barat ini yakni gugusan pulau secara 610 pulau yang tertebar, tapi baru sekedar 35 pulau yang dihuni.

Harus diketahui yaitu 74% spesies ikan di dunia ada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat merupakan ekosistem alam yang tetap terjaga kelesetariannya sampai sekarang. Tingginya nilai prestige alam laut di Papua itu mejadikan wisata Raja Ampat di Papua di protek dengan UU RI.

Hal itu tuk mencegah beraneka tindakan perusakan ekosistem laut semata-mata hanya mengejar pendapatan bisnis. Tidak tanpa alasan! Wisata Raja Ampat sudah sebagai fokus wisata dunia sekarang ini.

Ekosistem Bawah Laut Raja Ampat

Wisata Raja Ampat menonjolkan sejumlah obyek wisata yang amat diminati oleh kaum wisatawan luar negeri khususnya, diving. Aktivitas diving di Raja Ampat bakal memperlihatkan keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yang sangat menarik, dengan beraneka jenis spesies ikan juga terumbu karang yang alami. Diving di Raja Ampat pasti menunjukkan pada Kamu bermacam-macam aneka spesies ikan yang mungkin belum pernah Kamu ketahui sebelumnya. Ingat, 74% spesies ikan dunia ada di Raja Ampat. Pernah Kamu melihat ikan pari manta? Lebar badan ikan pari ini mencapai 2.1 m.

Minimal ada 1499 spesies ikan, 536 spesies koral, dan 700 hewan invertebrata yang bisa Kamu temukan di alam bawah laut Raja Ampat. Tuk diving, Kamu akan didampingi oleh ahlinya dan memakai alat-alat menyelam yang komplit. Jika Kamu pernah menjalankan diving di pantai lain, maka Kamu akan sangat takjub pada keindahan alam bawah laut Raja Ampat. Terumbu karang yang tinggal jadi sumber makanan ratusan bahkan ribuan spesies ikan dan satwa laut lain. Ekosistem yang amat natural dan begitu mempesona inilah yang menjadikan Raja Ampat dinamakan Amazon Lautan Dunia.

Alam Bawah laut Raja Ampat

Beberapa orang mengatakan bahwa wisata Raja Ampat ini adalah surga wisata rahasia yang dipunyai oleh Indonesia. Wisata Raja Ampat barangkali bisa dinobatkan menjadi wisata alam bawah laut sangat mempesona yang dipunyai oleh Indonesia. Yang bisa menandingi keelokan alam bawah lautnya kemungkingan besar hanya wisata Pulau Weh di Sabang. Jika obyek wisata Raja Ampat ada di bagian timur dari Indonesia, maka wisata Pulau Weh Sabang ada di bagian barat dari Indonesia.

Uniknya, dua obyek wisata dengan aktivitas diving yang tergolong cukup menarik di dunia itu justru mendapatkan perhatian yang berarti dari para wisatawan mancanegara. Ketertarikan warga luar negeri dan total kunjungannya dengan tren yang bertambah dari waktu ke waktu membuat dua obyek wisata laut Indonesia ini jadi sangat populer di kalangan internasional. Bahkan para pecinta travel dari dalam negeri yang kalah berkunjung ke obyek wisata laut itu.

Harus diakui, aspek biaya merupakan penyebab utama yang menjadikan kunjungan wisatawan dalam negeri ke obyek wisata Raja Ampat Papua terbilang sedikit. Keadaan infrastruktur di Papua yang tidak begitu memadai juga besarnya biaya komoditi ke Papua menjadikan sebuah obyek menarik di Papua ini tidak ramai dikunjungi wisatawan di Nusantara.

Tidak sama dengan turis asing yang mempunyai tingkat pendapatan lebih besar dibanding warga Indonesia, faktor finansial yang lebih baik itu memungkinkan mereka tuk menikmati diving menjadi salah satu aktivitas di obyek wisata Raja Ampat yang sangat populer. Hal seperti itu terlihat di obyek wisata Pulau Weh. Skala kedatangan turis lebih banyak daripada wisatawan dalam negeri.

Apa sih Obyek Wisata Raja Ampat?

Snorkeling dan diving adalah salah satu aktivitas wisata Raja Ampat yang cukup ngetop. Tetapi, Kamu harus tahu bahwa obyek wisata di Papua ini pun memiliki hutan lebat, rantaian batu kapur yang beraneka warna, berbagai spesies tanaman langka, juga sarang penyu di pinggir pantai.

Separuh wisatawan pasti surfing di Raja Ampat sebab obyek wisata ini mempunyai gelombang laut yang sangat menantang. Sejumlah pulau di Raja Ampat yang sangat sering disinggahi ialah Pulau Wayag, Pulau Karang, Pulau Waiwo, Kepulauan Gam, juga Pulau Arborek. Apabila Kamu ingin mencermati burung Cendrawasih yang berlaku satwa khas Papua, Kamu bisa mengunjungi Pulau Gam. Ada 4 jenis burung cendrawasih yang tinggal di disana, yakni cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih belah rotan, dan cendrawasih kecil.

Pulau Karang

Jika Kamu tertantang tuk menaiki karang, datanglah ke Pulau Karang. Di pulau itu Kamu akan mendaki karang dengan tingkat kemiringan hingga 90 derajat. Apabila berhasil tiba di atas, Kamu akan jatuh cinta dengan keindahan pemandangan laut Raja Ampat. Di puncak karang itu, Kamu bisa melihat keseluruhan pulau hijau yang dihiasi birunya air laut.

Rute Transportasi Wisata Raja Ampat

Tuk tiba di pulau Raja Ampat, lokasi terdekat yang bisa didatangi maskapai penerbangan adalah kota Sorong, dengan waktu tempuh kira-kira 6 jam dari Bandara Soetta. Biasanya pesawat transit di Makassar dan atau Manado. Maskapai yang mempunyai jadwal penerbangan ke Sorong diantaranya Silk Air,Pelita Air, Garuda Indonesia dan Merpati. Berikutnya, Kamu akan pergi ke Waisai. Kota Waisai ini beralamat di Pulau Waigeo, sekian dari 4 pulau besar di Kepulauan Raja Ampat.

No Comments

Leave a Reply